Love Story
Produksi : Starvision
Pemeran : Acha Septriasa, Irwansyah, Henidar Amroe, Reza Pahlevi, Maudy Koesnadi, Donny Damara, Reza Rahadian, Bella Graceva, Anbo
Genre : Drama
Jadwal Tayang : 27 Januari 2011
Sutradara : Hanny R. Saputra
Durasi : –
Sinopsis :
Mitos tentang kisah cinta yang gagal antara Joko Angin dan Dewi Bulan, membuat sebuah desa terbelah oleh sungai. Sungai yang muncul atas kutukan Joko Angin itu dipercaya menjadi pemisah antar dua desa baru. Jika ada penduduk desa berseberang sungai itu saling menjalin cinta, maka malapetaka akan melanda penduduk desa. Sejak kecil, mitos inilah yang ditanamkan pada Ranti (Bella Graceva/Acha Septriasa) dan Galih (Anbo/Irwansyah). Mereka dibesarkan di dua desa yang terpisah sungai sakral. Tanpa disadari mitos tersebut menjauhkan masyarakatnya dari kemajuan, melalui pemujaan dan bukan pemanfaatan kekayaan alam yang mereka miliki. Tradisi yang juga menyulitkan anak-anak untuk bersekolah karena harus menempuh perjalanan jauh. Ayah Ranti (Reza Pahlevi) adalah pemimpin adat, sedangkan nenek Ranti (Henidar Amroe) kekeh hidup dalam keyakinan akan mitos. Tugas ayah Ranti, adalah pemangku adat mitos dan memimpin upacara doa selamat di sungai pembatas.
Namun, Ranti dan Galih tak mau menyerah. Mereka rela berangkat pagi buta agar bisa datang ke sekolah. Pada sebuah pelajaran, guru Ranti bertanya tentang cita-cita muridnya. Ranti yang membawa boneka kayu seorang guru bikinan Galih, menegaskan keinginannya untuk menjadi guru. Kedekatan Galih ke Ranti menumbuhkan tekad Galih untuk merealisasikan cita-cita Ranti. Beranjak dewasa, cinta mereka bertumbuh dengan rasa takut Ranti atas kutukan yang bisa terjadi, tetapi Galih merasa yakin bahwa cinta adalah anugerah yang harusnya memberikan kebaikan. Sementara Ranti yang dibayang-bayangi mitos dan ayahnya, memilih merelakan cintanya.
Hingga akhirnya ibu dan ayah Galih (Maudy Koesnadi-Donny Damara) memutuskan untuk pindah ke kota, agar Galih dapat meneruskan sekolah. Galih sekolah di Bandung dengan janji akan kembali. Masa-masa penantian diisi oleh Ranti dengan terus mengajar anak-anak yang sulit bersekolah karena jauh di desa sebelah, ditemani Pengkor (Reza Rahadian) di sawah ataupun di pinggiran sungai saat airnya surut.
Galih akhirnya kembali setelah selesai kuliah, dan memiliki cukup modal untuk membangun sekolah untuk Ranti. Melihat tekad Galih, Ranti yang awalnya takut untuk menentang larangan adat, kini telah siap dengan segala konsekuensinya. Mulailah perlawanan cinta Galih dan Ranti melalui pembangunan sekolah lengkap dengan kincir air untuk sumber energi listrik. Galih dikucilkan. Ranti dihukum dan disekap, tetapi hanya fisiknya bukan hatinya. Demikian juga dengan Galih dipatahkan upaya fisiknya, tetapi bukan perjuangan batinnya.
Sampai akhirnya Galih mulai didera sakit. Penduduk menganggap sakitnya Galih, adalah sebagai akibat pelanggaran adat. Galih bersikeras dengan perlawanannya, namun di saat yang sama sakitnya semakin parah. Perjuangan cinta mereka ternyata sulit menyentuh hati masyarakat. Penyakit Galih sudah sedemikian parah, Ranti tidak bisa merawatnya karena terus didera dan disekap.
Galih menuntaskan bangunan sekolah sebagai perlawanan atas tradisi yang tidak berpihak bagi kemajuan dan cinta. Sekaligus bukti kesungguhan cinta Galih untuk Ranti.
Akankah sekolah Galih dan Ranti berdiri? Mampukah cinta Galih dan Ranti meluruskan pandangan keliru yang melarang dua hati untuk bersatu?
Baca juga

Iklan