bugar
Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh kita butuh gizi yang baik pula. Zat yang diperlukan tubuh ternyata tidak hanya berupa karbohidrat, protein, atau vitamin saja. Tapi berbagai zat logam juga sangat diperlukan agar tubuh bekerja dengan maksimal.
Mau tau logam apa saja yang diperlukan tubuh kita? Apa saja fungsinya? Dan berapa banyak kandungan logam itu diperlukan tubuh kita? Ini dia zat logam dalam tubuh kita yang patut kita kenali.
Zat Besi (Fe)
Zat besi berguna untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan menghilangkan racun dari tubuh.
Bila tubuh sampai kekurangan zat besi akan menimbulkan gejala-gejala kekurangan darah. Jika diperhatikan, orang yang kekurangan zat besi bagian bawah kelopak matanya akan berwarna pucat. Ia juga mudah lelah.
Namun, zat besi juga dapat membahayakan kesehatan bila terlalu banyak dikonsumsi. Konsumsi zat besi berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan pada hati dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat tembaga.
Untuk memperoleh zat besi yang cukup bagi tubuh, kita dapat mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi seperti hati ayam, daging ayam, daging merah, ikan, dan kacang polong.
Jumlah yang cukup untuk kebutuhan tubuh, yaitu 8 sampai 18 miligram per hari.
Seng (Zn)
Seng berguna untuk mempertahankan kesuburan, memperkuat daya tahan tubuh, membantu dalam proses penyembuhan, dan mampu membantu tubuh agar menghasilkan sekitar 100 enzim yang diperlukan tubuh. Seng juga berguna untuk kecantikan kulit karena dapat mencegah timbulnya jerawat, mencegah kulit kering, dan membantu regenerasi kulit.
Karena Seng dapat berfungsi untuk regenerasi kulit, kekurangan Seng dalam tubuh dapat menyebabkan luka di kulit sulit sembuh. Anak-anak yang kekurangan Seng dapat tumbuh lebih lambat daripada anak-anak yang tercukupi kebutuhan seng.
Seng bisa didapat dari makanan seperti buncis, kacang-kacangan, keju, daging sapi, ayam, dan aneka ikan laut.
Jumlah yang dianjurkan agar jumlah seng dalam tubuh mencukupi adalah 12 miligram per hari.
Mangan (Mn)
merupakan zat logam yang penting untuk menjaga kesehatan otak, tulang, dan berperan dalam pertumbuhan rambut serta kuku. Mangan juga diperlukan untuk membantu menghasilkan enzim yang berguna untuk metabolisme tubuh. Karbohidrat dan protein memerlukan mangan untuk dapat diubah menjadi energi yang kita gunakan sehari-hari.
Bila tubuh kekurangan mangan, protein dan karbohidrat tidak dapat diubah menjadi energi. Akhirnya, terdapat penumpukan karbohidrat dan protein yang menimbulkan risiko diabetes, osteoporosis, rematik, dan kolesterol tinggi.
Namun jika berlebihan akan Menyebabkan kadar besi dalam tubuh menurun sehingga meningkatkan resiko terkena anemia, gangguan kulit, jantung, hati, pembuluh darah dan kerusakan otak. Selain itu, mangan yang berlebihan dapat mencegah penyerapan zat tembaga untuk tubuh.
Mangan dapat ditemui pada sumber makanan yang kaya protein dan karbohidrat seperti telur, kacang, sayuran berdaun hijau, dan daging merah. Mangan juga terdapat pada buah-buahan seperti stroberi, nanas, dan anggur.
Kebutuhan Mangan per harinya sekitar 5 mg.
Kromium (Cr)
Kromium berfungsi mengatur penempatan glukosa dalam darah menuju ke sel-sel tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi.
Jika kekurangan Kromium dapat Meningkatkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.
Namun jika berlebihan dapat Menyebabkan iritasi lambung dan menghambat penyerapan tembaga oleh tubuh.
Sumber makanan yang kaya kromium antara lain roti, gandum, jagung, daging, ikan, dan keju.
Kebutuhan sekitar 25 mg/hari
Tembaga (Cu)
Tembaga memiliki fungsi Membentuk hemoglobin, kolagendan menjaga kesehatan saraf.
Jika tubuh kekurangan Tembaga akan menyebabkan anemia, radang sendi dan mudah lelah.
Namun jika kelebihan Dapat menyebabkan keracunan yang ditandai dengan muntah, pusing, lemas, sakit perut dan diare. Jika terjadi terus-menerus dapat menyebabkan sakit jantung dan kerusakan hati yang berakibat pada kematian.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan Tembaga antara lain Seafood, gandum, jagung, dan polong-polongan.
Dosis yang dianjurkan 1,2 mg/hari.
Magnesium (Mg)
Magnesium Berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal dan otot.
jika tubuh kekurangan Magnesium Dapat menyebabkan serangan jantung, ginjal, darah tinggi dan serangan asma.
Namun jika berlebihan Dapat menyebabkan diare.
Sumber makanan yang banyak mengandung Magnesium adalah Kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran berdaun hijau, gandum, jagung, dan tahu.
Dalam sehari tubuh membutuhkan Magnesium sekitar 320 mg.
Baca juga

Iklan