membersihkan wajah
Terik matahari yang panas, debu-debu yang menempel, tetesan keringat membuat wajah menjadi kotor dan tak tahan untuk segera merasakan kesegaran air. Begitulah tradisi Anda sehabis beraktivitas setiap harinya. Amankah kebiasaan Anda tersebut bagi wajah cantik Anda? Tentu saja tidak. Lho jadi bagaimana dong cara yang tepat untuk membersihkan wajah?
Jangan terburu-buru membasuh wajah dengan air segar dan sabun setiap kali pulang dari suatu aktivitas. Sayang dong kulit mulus Anda harus rusak karena teknik membersihkan wajah yang salah. Begitu pula usai beraktivitas di malam hari.
Ada baiknya Anda mengubah kebiasaan buruk Anda, tunda wajah Anda untuk langsung bersentuhan dengan air. Dengan mengikuti trik membersihkan wajah yang benar Anda tentu akan semakin cantik.
Nah ikuti teknik tepat membersihkan wajah berikut ini :
1. Bersihkan wajah dengan cleansing
Apapun jenis kulit Anda, cleansing yang terbaik adalah yang berbahan dasar susu dan air. Ambil lotion cleansing dan pijatkan pada wajah Anda. Ambil arah memutar keluar di bagian pipi, kemudian membentuk angka delapan pada hidung hingga kening. Nikmati pijatan lembut di seluruh wajah setidaknya 1 – 2 menit sampai terasa kotoran di wajah telah terangkat. Kemudian bersihkan dengan menggunakan kapas.
2. Lanjutkan dengan toner
Nah bagian ini yang harus Anda cermati, pilih toner sesuai dengan jenis kulit Anda.
~ Kulit Kering : pilih toner yang banyak mengandung bahan untuk melembabkan. Idealnya yang mengandung bahan-bahan seperti susu, almond, kelapa, atau zaitun agar kulit Anda lebih kenyal dan bersih.
~ Kulit Normal : untuk jenis kulit normal Anda, sari bunga adalah pilihan yang terbaik. Pada umumnya di pasaran dijual toner dengan dasar sari bunga kenanga dan mawar. Selain efek segar, kehalusan kulit juga terjaga.
~ Kulit Berminyak : jangan main-main dengan kulit berminyak. Anda dituntut untuk lebih cermat dalam memilih toner. Dan yang wajib Anda pilih adalah mentimun dan sari jeruk nipis. Kedua bahan tersebut akan melibas kelebihan minyak dan lemak dan mencegah timbunan kotoran wajah meresap ke dalam pori-pori.
Diamkan selama beberapa menit sebelum Anda membasuh muka dengan sabun dan air.
3. Basuh muka dengan sabun
Sesuaikan pula sabun dengan jenis kulit Anda. Pada umumnya sabun akan membuat kulit kering, oleh karena itu yakinkan bahwa ada kandungan moisturizer yang cukup besar pada sabun wajah Anda.
~ Kulit Kering : tetaplah memilih sabun muka dengan bahan dasar susu. Karena pada intinya Anda hanya membersihkan sisa-sisa kotoran yang sempat Anda bersihkan dengan cleansing dan toner.
~ Kulit Normal : buah-buahan segar akan menjaga kelembaban kulit normal Anda. Pastikan juga kandungan vitamin E cukup besar di dalam sabun Anda, agar kulit Anda tidak berubah menjadi kering.
~ Kulit Berminyak : walaupun kulit Anda berminyak, bukan berarti Anda tak butuh moisturizer. Untuk itu pilih sabun yang kaya akan moisturizer, terutama dari bahan buah-buahan.
Jangan terburu puas dulu, masih ada teknik selanjutnya lho!
4. Toner penutup
Eit setelah Anda mencuci muka, tidak lantas Anda bersantai lo. Teteskan toner pada selembar kapas, kemudian tepuk-tepuk lembut wajah Anda. Langkah terakhir ini menutup rangkaian proses membersihkan wajah setelah lelah beraktivitas seharian.
Berikan waktu istirahat yang cukup panjang pada wajah Anda selama Anda tidur. Minimalisir pemakaian obat atau bahan-bahan kimia pada wajah selama ia beristirahat.
Baca juga