tabung gas ukuran 3kg
Resah dengan berita buruknya kualitas tabung gas 3 kg Anda? Mari perhatikan dengan baik langkah-langkah berikut, agar kecelakaan fatal dapat dihindari.
~ Pastikan tabung berada di tempat yang tidak berdekatan dengan sumber api.
~ Pastikan selang tidak dalam kondisi tertindih sesuatu.
~ Pastikan selang tidak dalam kondisi bocor.
Untuk memastikan bocor atau tidaknya selang anda dapat mencelupkan selang yang telah terpasang ke dalam air bila ada gelembung udara yang keluar diri selang bisa dipastikan selang tersebut bocor.
~ Saat penggantian tabung, pastikan kompor dalam keadaan mati.
~ Pastikan kepala tabung gas memiliki seal (karet berbentuk lingkaran berwarna hitam). Bila di tabung yang baru tidak ditemui, ambil dari tabung sebelumnya (dicongkel pakai tusuk gigi).
~ Bila terdengar bunyi desis, lepaskan regulator, pasang lagi dengan menekan kuat regulator ke tabung. Ulangi hingga benar-benar tidak ada desis yang terdengar.
Bila tetap tidak berhasil menurut pengalaman pribadi saya, lilitkan karet secukupnya pada “leher” tabung untuk menahan keluarnya gas.
~ Bila terjadi kebocoran gas, jangan panik! Pastikan kompor dalam keadaan mati, lepaskan regulator, letakkan lap/kain basah pada kepala tabung (fungsi kain basah disini adalah untuk mengurangi keluarnya gas sebelum anda sampai tempat yang aman) dan bawa tabung gas ke luar rumah (udara terbuka) sampai gas habis dengan sendirinya.
Tapi pastikan didepan rumah tidak ada yang merokok ya 🙂
Nah. Semoga tips tersebut di atas dapat berguna.
baca juga

Iklan