ketimun
Ketimun, tak semua orang menyukai buah ini. Ada yang ogah makan karena takut tekanan darahnya bertambah turun. Namun, ada yang tak bisa ‘hidup’ tanpa acar ketimun. Jika Anda tergolong orang yang menyukai ketimun, berbahagialah sebab ternyata dalam buah kaya air ini terkandung banyak keajaiban yang tak banyak orang tahu. Bagi yang kurang suka, mungkin setelah membaca ulasan di bawah ini, Anda akan berubah pikiran. Siap-siap saja!
Gudangnya vitamin
Dalam 1 buah ketimun terdapat vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan C. Di samping ragam vitamin tersebut, buah segar yang sering dimasukkan golongan sayur ini mengandung folic acid, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, dan zinc.
Makanan berenergi
Merasa lelah menjelang sore? Letakkan soda atau minuman berkafein, dan ambillah ketimun. Ketimun kaya akan vitamin B dan karbohidrat yang bisa membantu menyegarkan tubuh sehingga kembali bersemangat.
Penghapus selulit
Ingin agar selulit lekas hilang sebelum mengenakan bikini? Gosokkan 1 atau 2 potong ketimun pada area selulit selama beberapa menit. Kandungan zat kimia dalam ketimun akan merangsang kolagen dalam kulit untuk mengencang hingga ke permukaan luar kulit, sehingga selulit tampak berkurang. Khasiat yang sama berlaku juga untuk kerutan.
Snack sehat
Ingin meredam lapar saat sore atau malam hari? Pilihlah ketimun yang selalu digunakan sebagai snack penahan lapar oleh para pedagang Eropa pada sepanjang sejarah.
Obat pusing
Berharap pusing segera hilang? Makanlah beberapa potong ketimun sebelum tidur dan Anda akan bangun dengan kondisi segar bebas pusing. Ketimun mengandung cukup gula, vitamin B, dan elektrolit yang bisa mengisi ulang nutrisi penting dalam tubuh yang telah hilang. Kandungan ketimun membuat nutrisi tubuh seimbang dan mencegah sakit kepala saat bangun tidur.
Aroma terapi
Stres dan tak punya waktu untuk spa atau facial? Potong semua ketimun dan masukkan dalam air mendidih. Bahan kimia dan nutrisi yang ada dalam ketimun akan bereaksi dengan air mendidih sehingga melepaskan aroma relaksasi yang bermanfaat untuk meredakan stres.
Penyegar nafas
Baru selesai makan dan ingin menyegarkan nafas? Makan sepotong ketimun dan tekan dengan lidah selama 30 detik untuk mengusir bau mulut. Kandungan ketimun akan membunuh bakteri penyebab bau mulut.
baca juga