asi
Pada prinsipnya semua ASI adalah sama. Tidak ada ciri special dimana ASI tertentu lebih bagus dibandingkan dengan ASI yang lain. Prinsip ini sama dengan tidak ada besar perut ibu hamil ideal ketika ibu sedang hamil. Perlu ibu catat bahwa ASI merupakan suatu makanan bayi yang diproduksi oleh tubuh ibu yang pernah mengandungnya. Ini artinya kondisi ASI sangat sesuai dengan keperluan dan kebutuhan bayi pada saat itu.
Kalau ibu sehat, tidak sakit dan asupan gizi cukup bagus biasanya ASInya bagus. Jangan dilihat warnanya apakah bening, kuning atau putih. Karena pada umumnya ASI yang berwarna bening biasanya mengandung kolostrum, yaitu imunoglobin A atau antibody yang bertugas untuk membersihkan usus halus bayi.
Beberapa saat kemudian, setelah dua atau tiga hari biasanya ASI keluar agak kental sedikit dan berwarna agak putih. Perlu diingat bahwa bukan berarti bening itu jelek. Kolostrum justru sangat bermanfaat untuk antibody. Jadi ASI sangat penting bagi bayi karena selain memang diperlukan untuk memenuhi asupan nutrisi bayi, bayi juga memerlukan antibody yang terdapat pada kolostrum.
Kolostrum ternyata juga berfungsi sebagai pencahar, kolostrum akan bereaksi sampai dengan usia bayi 2 bulan dimana mungkin bayi mengalami gejala buang air besar/diare. Ibu tidak perlu panik karena hal ini masih dikategorikan normal. Kolostrum memang membersihkan usus bayi sampai dengan usia 2 bulan sebagai persiapan untuk menerima jenis makanan selanjutnya.
baca juga

Iklan