tak sedikit orang mengeluh susah saat merebus spaghetti, ada yang lengket, ada yang terlalu lembek dan ada juga yang masih keras. untuk menghindari hal tersebut simak penjelasan di bawah ini :
1. jangan masukkan spaghetti sebelum air mendidih. bila spaghetti dimasak mulai air dinggin, prosesnya akan lebih lama dan hasilnya cenderung lunak/lembek.
2. masukkan spaghetti menyebar (jangan sampai mengumpul), bila dimasukkan mengumpul akan menyebabkan spaghetti lengket satu dengan lainnya.
3. tambahkan beberapa sendok makan minyak sayur dalam air rebusan saat mendidih, dengan demikian spaghetti tidak lengket satu dengan lainnya.
4. sebaiknya aduk setelah 1 menit spaghetti dimasukkan dalam air mendidih. hal ini dilakukan agar spaghetti tidak lengket.
5. lama proses merebus spaghetti adalah /- 8-10 menit.
6. masak spaghetti dengan matang yang cukup, caranya ambil satu spaghetti rebus, patahkan dan lihat bagian tengahnya, bila masih terlihat warna sedikit keputihan di tengahnya tandanya spaghetti dapat diangkat. hal ini dilakukan untuk menghindari spaghetti yang terlalu matang saat dimasak bersama saus.
8. spaghetti rebus dapat juga disimpan caranya, spaghetti yang sudah dinggin betul. masukkan dalam wadah kedap udara dan simpan dalam lemari pendingin. bila ingin disajikan tinggal direbus dalam air mendidih sebentar (blansir).
Baca juga

Iklan