Menambah dan mengedit Widget WordPress.com adalah dengan cara “drag and drop” yang dapat dilakukan dari Komputer, tapi tidak bisa dari Ponsel/ Opera Mini. Untuk lebih mudah menambah dan mengedit Widget WordPress.com dari Ponsel/Opera Mini, adalah dengan cara memilih “Enable Accessibility Mode” pada Dasbor Widget. Dengan cara ini, akan ada pilihan “tambah” pada tiap widget yang tersedia, dan pilihan “sunting” pada tiap widget yang aktif/tidak aktif. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan :
1. login ke wordpress.com (ini perlu dilakukan agar wordpress mengenali anda)
2. pergi ke alamat :
http://???.wordpress.com/wp-admin/widgets.php?widgets-access=no tanda ??? Anda ganti dengan user anda. Contohnya seperti blog saya ini https://pengumpuldollar.wordpress.com/wp-admin/widgets.php?widgets-access=no
setelah itu tampilan Dasbor Widget blog ini berubah. Sekarang ada pilihan “tambah” pada tiap Widget yang tersedia, dan pilihan “sunting” pada tiap Widget yang aktif/ tidak aktif. Sekarang jadi lebih mudah menambah dan mengedit Widget WordPress.com dari Ponsel/ Opera Mini.
Cara lain untuk memilih “Disable” atau “Enable” Accessibility Mode, adalah dengan mengklik “Opsi Layar” di sudut kanan atas pada Dasbor Widget.
Selamat mencoba.
Baca juga