kaki Wanita mana yang tidak ingin kakinya sehat, indah dan seksi ? Selain memberi nilai plus pada penampilan, kaki yang cantik dan sehat pun akan terasa lebih terawat. Tapi bagaimana jika kaki tiba-tiba mengeluarkan bau tak sedap? Sebenarnya bau tak sedap itu merupakan gejala dari adanya aktivitas yang berlebihan dari kelanjar keringat pada kaki. Keringat berlebihan yang dihasilkan tersebut kemudian menjadi tempat berkembang bakteri dan jamur yang akhirnya menimbulkan bau yang berlebihan di sekitar daerah tersebut. Untuk mengatasinya lakukan hal sebagai berikut :
1. Jaga kebersihan dan kelembaban kaki, terutama di bagian-bagian tertutup yang sering berkeringat seperti di sela-sela jari dengan menggunakan sabun maupun bedak khusus anti jamur dan bakteri. Sebaiknya jangan menggunakan produk yang mengandung wewangian untuk menghilangkan bau tersebut, karena selain sifatnya sementara juga akan menimbulkan bau lain yang lebih tajam dari sebelumnya.
2. Selalu mengganti kaus kaki setelah melakukan aktivitas untuk mencegah berkembang biaknya bakteri dan jamur pada kaki. Pilih kaus kaki yang terbuat dari bahan yang mempunyai daya serap tinggi seperti bahan sintetik.
3. Sebaiknya sediakan beberapa pasang sepatu untuk setiap kegiatan yang berbeda. Misalnya, sepatu untuk bekerja tidak digunakan bersantai maupun berolahraga.
4. Hindari sepatu atau sandal yang terbuat dari plastik karena akan membuat kaki cepat panas dan berkeringat.
5. Tannic acid atau sejenis zat untuk menyamak yang terdapat dalam teh dapat digunakan untuk menyegarkan dan mengurangi bau tak sedap pada kaki. Caranya, seduhlah teh dengan menggunakan 5 gelas air hangat, Kemudian gunakan air teh tersebut untuk merendam kaki selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu gunakan sabun khusus untuk membersihkan kaki. Bilaslah dengan air bersih dan keringkan.
baca juga