beberapa waktu lalu muncul tren kue bernama sus jepang, melihat penampilannya memang tak beda jauh dengan sus pada umumnya. namun bila diamati barulah terlihat perbedaannya, sus jepang ini memiliki topping yang krispi, bahkan ada pula yang keseluruhan bagian kulitnya kering.
selain kering, kulit sus ini berlubang sempurna (kopong), sehingga isinya bisa penuh. umumnya isi sus jepang ini adalah vla cokelat yang dibuat dari campuran cokelat masak pekat, namun ada pula variasi vla lainnya seperti stroberi, durian ataupun moka. agar hasil sus jepang maksimal, simak tips berikut :
1. pastikan saat memasak adonan kulit setelah terigu dimasukkan benar benar matang, cirinya adonan akan mengkilap dan tidak lengket dalam panci.
2. masukkan telur saat adonan sudah dingin, karena bila adonan masih panas telur akan cepat matang dan mempengaruhi hasil akhir dari kulit sus.
3. jangan terlalu sering membuka oven, karena kulit akan mengempis dan rongga yang dibentuk akan tidak sempurna.
4. dalam pemanggangan kulit sus jepang ini menggunakan 2 suhu, tujuannya agar pemanggangan akhir dengan suhu yang lebih rendah dapat membuat kulit sus kering sekelilingnya.
baca juga

Iklan