sariawan adalah salah satu bentuk radang yang menyerang bagian mulut. ditandai dengan bercak putih kekuningan yang timbul di bagian bibir dalam, dinding pipi, lidah, gusi bahkan sampai langit langit mulut.
sejumlah penelitian menunjukkan, sariawan bisa dipicu oleh beberapa sebab. diantaranya akibat tak sengaja tergigit pada bibir atau lidah, luka saat menyikat gigi, alergi pada makanan (misalnya asam atau pedas), hingga faktor horminal seperti pada masa menstruasi atau mengalami stres.
sariawan juga bisa dipicu oleh kekurangan vitamin C, B, dan zat besi. jadi bisa terjadi kombinasi antara keduanya, sariawan cukup menimbulkan ketidak nyamanan. kekurangan vitamin C membuat jaringan antara gusi dan gigi melemah sehingga rentan pada sobekan. sariawan yang cukup parah juga bisa menimbulkan demam akibat adanya infeksi dalam mulut.
namun penyakit ini dapat diredakan menggunakan obat seperti obat tetes, salep atau kumur. bisa juga menggunakan obat antibiotik untuk mengeliminasi infeksi. namun jika sudah lebih dari 4 hari, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. pasalnya, sariawan yang tak kunjung merupakan salah satu indikasi timbulnya kanker mulut.
ada baiknya kita mencegah timbulnya sariawan. caranya dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin C dan B, menghindari makanan yang menimbulkan alergi, menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta menghindari stres.
baca juga