sejak masa balita, anak sudah harus dibiasakan mengudap makanan yang sehat. snack asin yang banyak mengandung MSG sebaiknya tidak diperkenalkan. sebaliknya buatkan mereka kudapan sehat yang bergizi. dengan begitu kudapan yang mereka makan tidak berakibat buruk pada kesehatan.
bagaimana kandungan gizi yang baik itu? pilihkan yang mengandung protein, vitamin, dan kalau perlu yang berserat. misalnya snack yang dibuat dari kacang hijau. kacang hijau adalah protein nabati yang bervitamin dan juga berserat.
hindari juga penggunaan bahan kimia seperti pewarna kimiawi, pengawet, dan MSG. betul bahwa warna menarik akan membuat anak semakin bergairah memakannya. tetapi tanpa disadari anda sudah memberi asupan yang kurang baik bagi kesehatannya.
balita kita juga sebaiknya tidak dibiasakan menyantap yang manis manis. kandungan gula yang terlalu tinggi, kecuali merusak gigi, juga merusak nafsu makan. anak yang kebanyakan makan yang manis manis menjadi cepat kenyang.
karena untuk balita, ukuran kue juga perlu jadi perhatian. jangan berikan mereka kue yang ukurannya terlalu besar, jangan pula yang terlalu kecil. yang besar, sulit mereka gigit. sedang yang berukuran kecil mendatangkan resiko tertelan.
baca juga