koresterol adalah sejenis lemak dalam darah yang cukup berbahaya kalau jumlah melebihi 150 mg persen. tinggi rendahnya koresterol antara lain disebabkan oleh makanan yang kita santap. karena selain dihasilkan tubuh, koresterol juga didapat dari makanan sehari hari.
mengapa kolesterol yang ketinggian, berbahaya bagi kesehatan? karena kelebihan kolesterol akan mengendap pada dinding pembuluh darah. penumpukan yang terus menerus, mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah otak, hati sapi, jeroan, lemak hewani, daging berlemak, dan kuning telur.
mereka yang kandungan kolesterolnya telah terlanjur tinggi, hanya boleh menyantap 300 mg makanan yang mengandung kolesterol. karena itu harus hati hati dalam memilih makanan. otak, misalnya kandungan kolesterolnya 2.300 mg per 100 gram otak. seratus gram hati sapi mengandung 320 mg kolesterol sedang udang dengan berat yang sama mengandung 150 mg kolesterol.
selain menjaga asupan makanan, cara memasak / mengolah bahan makanan pun harus tepat agar kita tidak memasukkan kolesterol juga. misal, membuat makanan dengan cara dikukus atau dibakar yang tidak menggunakan minyak karena minyak tertentu (lemak jenuh) bisa meningkatkan kolesterol. jadi, kalaupun harus menggoreng, gunakan lemak tak jenuh ganda. misal, minyak jagung, minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak biji kapas.
saran pemilihan makanan antara lain : ikan, ayam, tahu, tempe, sayur mayur, dan buah buahan seperti jeruk, apel, pepaya, dan tomat. menambahkan bawang putih ke dalam makanan anda sebanyak mungkin juga sangat dianjurkan. konsumsi bawang putih tersebut, jangan ditinggalkan. karena bawang putih mengandung senyawa sulfur dan alisin yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol di samping menurunkan kadar lemak yang diproduksi hati.
baca juga