anak yang terlalu kurus bisa disebabkan beberapa hal. pertama, tidak suka makan. banyak anak yang melihat makanan pun sudah langsung menghindar. penyebabnya antara lain karena tidak dikenalkan makanan secara variatif sejak dini. sejak anak mengenal makanan (bubur saring), mereka sudah harus dikenalkan sebanyak mungkin jenis makanan. kebiasaan menyuguhkan sup terus menerus setiap hari, juga turut mendorong anak tidak suka makan.
kedua, masukan dan pengeluaran tidak seimbang. maksudnya, makanan yang masuk sedikit, tetapi aktifitas jauh lebih besar. akibatnya untuk membakar energi, cadangan tubuh ikut digunakan. anak anak yang tidak bisa diam, harus sering ditawarkan makan supaya tubuh tidak menggunakan cadangan untuk membakar energi.
ketiga, faktor keturunan. ada orang yang memang sudah dari sananya kurus betapa pun masukannya sudah banyak.
dari ketiga hal tersebut, penyebab pertamalah yang sangat memprihatinkan dan perlu perhatian para ibu. menyediakan cemilan yang kaya gizi dan tinggi kalori, adalah salah satu jalan keluarnya. buatkan makanan kegemaran mereka seperti nugget, misalnya. perbanyak ayam, keju, atau bahan pangan lain yang kalorinya cukup tinggi dan kaya protein.
baca juga