setiap bagian tubuh tentu butuh nutrisi untuk menjalankan fungsinya dengan baik khusus untuk mata dibutuhkan banyak vitamin A, misalnya dari wortel. warnanya yang oranye terang menunjukkan kandungan betakaroten yang sangat tinggi. dalam tubuh, betakaroten dikonversi menjadi vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. vitamin inilah yang bermanfaat untuk menjaga ketahanan retina mata. semakin bertambahnya usia, maka ketahanan retina semakin melemah sehingga perlu disokong dengan konsumsi betakaroten yang mencukupi.
selain wortel, brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang boleh diandalkan. selain mengandung karotenoid, juga dilengkapi antioksidan yang berfungsi menangkal zat radikal bebas penyebab kanker. vitamin A dari brokoli juga bermanfaat melindungi retina mata serta meningkatkan kepekaannya sehingga penglihatan tetap tajam.
tomat juga punya peran tak kalah ampuh. vitamin A di dalamnya punya kemampuan yang sama. ditunjang kandungan likopen yang berfungsi sebagai antiinflamasi. selain dikonsumsi, tomat juga bermanfaat juka mata lelah. caranya, iris buah tomat, lalu gunakan untuk mengompres areal mata sehingga terjadi efek relaksasi. selamat mencoba…
baca juga