orang seringkali salah menganggap bahwa ibu hamil harus makan banyak. padahal banyak saja tidak cukup. yang jauh lebih penting adalah gizi seimbang dan cukup untuk kebutuhan ibu dan si jabang bayi.
gizi seimbang berarti makanan yang diasup oleh ibu hamil harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. jumlah semua bahan itu diharapkan 300 – 500 gram lebih banyak daripada kebutuhan orang yang tidak hamil. dari semua bahan itu, asupan protein harus lebih banyak antara 60 – 75 gram. protein merupakan sumber pembentukan sel sel. jangan lupa, di awal awal bayi sedang membentuk sel sel.
protein yang disantap ibu hamil harus bervariasi. tidak dianjurkan menyantap ayam setiap hari, misalnya. variasi ayam, daging sapi, ikan, terutama ikan laut. tiap jenis bahan tadi punya kadar protein dan jenis vitamin yang berbeda. kalau anda variasikan bahan bahan tapi, maka gizi yang anda asup menjadi bervariasi pula.
ikan laut sangat dianjurkan karena antara lain mengandung omega 3 yang penting untuk tumbuh kembang otak dan menjaga kesehatan retina mata bayi. kalau gizi seimbang yang dibutuhkan bayi kurang, maka kebutuhan tersebut diambil dari milik sang ibu. akibatnya si ibu kurang gizi. akibatnya fatal tentu. misalnya, kurang kalsium, si ibu bisa terancam osteoporosis. kurang omega 3, si ibu bisa terancam daya ingatnya.
nah, sajikan ikan laut atau seafood seminggu beberapakali. demi kesehatan si janin, demi anda juga.
baca juga