kondisi “sudah mengantuk, tetap saja tak bisa tidur” disebut insomnia. biasanya si penderita juga gampang tergugah kalau sudah tertidur. dan kalau sudah terbangun, jangan harap bisa tertidur dengan mudah.
banyak faktor yang memicu sulit tidur ini. misal, kurang gerak. penyebab lainnya tentu saja pikiran. siapa, sih yang bisa tidur nyeyak kalau sedang depresi. ada lagi penyebab lain yaitu pola makan.
para ahli menganjurkan mereka yang sering insomnia sebaiknya tidak makan atau minum sesuatu yang mengandung kafein. entah itu kopi, teh, atau soft drink. hati hati juga anda yang tengah minum obat dieuretik. karena obat ini mendorong si peminum rajin ke belakang. selanjutnya para ahli bilang, makanlah banyak banyak pisang, yogurt, dan kacang kacangan. di dalam ketiganya terdapat triptopan yang bisa membuat kita tidur nyenyak. tapi ingat, tidak instant, lo, efeknya. makan saja rutin dan rasakan akibatnya beberapa lama kemudian.
kalau anda memang sulit tidur, lakukan olahraga ringan dan jangan banyak minum menjelang tidur. niscaya tidur anda tak bakal terganggu.
baca juga

Iklan