pernahkah anda merasakan betapa tersiksanya bila tidak bisa ke belakang berhari hari? jangankan berhari hari, ya, sehari saja, rasanya sudah tidak enak. nah, bagaimana juga kalau kita malah jadi terpaksa rajin ke belakang. alias diare berkepanjangan? lebih tersiksa lagi, kan?
semua itu terjadi karena ada gangguan di usus kita. jadi, jangan anggap bahwa hanya jantung organ terpenting dalam tubuh kita. usus juga pegang peranan penting. di dalamnya terdapat bakteri. ada bakteri yang baik, ada juga yang jahat. yang baik tentu kita butuhkan, sedangkan yang jahat mengakibatkan gangguan. salah satunya, ya, diare itu tadi.
banyak cara mengobati gangguan di atas. yang paling sederhana adalah menyetopnya dengan obat antidiare. kalau sudah parah, tentu diikuti antibiotik. habis itu dokter biasanya menyarankan mengkonsumsi cairan yang banyak untuk mengganti cairan yang dikeluarkan saat diare.
ada saran lain sebenarnya. konsumsi probiotik, misalnya yogurt. susu fermentasi ini mengandung bakteri asam laktat yang akan memerangi bakteri penyebab infeksi yang menyebalkan itu. probiotik juga mencegah bakteri jahat memerangi bakteri baik. karena kemampuan yogurt, para ahli menganjurkan agar yogurt sering dikonsumsi secara rutin, bukan hanya untuk memerangi diare. dengan kerutinan konsumsi tadi, probiotik dapat melekat pada sel usus. lebih baik lagi kalau dikonsumsi bareng prebiotik seperti tempe dan tahu. tetapi keduanya tidak dianjurkan saat diare berlangsung.
baca juga