jerawat kerap dianggap sepele. namun efeknya sebenarnya cukup berat, terutama berkenaan dengan penampilan dan kepercayaan diri. jika kita bisa kenali penyebab jerawat, maka ada cara untuk menghindari timbulnya jerawat, atau minimal meredakannya.
agar jerawat tidak timbul atau makin meradang, konsumsi minyak atau lemak hewani harus dikurangi. pasalnya, kandungan lemak jenuh dan lemak trans bisa menimbulkan peradangan dan lapisan minyak yang akan memperparah radang.
konsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan karena memiliki kandungan vitamin C dan E yang baik untuk mengatasi gangguan kulit. misalnya mentimun yang kaya saponin, flavonoida, polifenol, asam malonat, dan vitamin E. deretan kandungan ini bermanfaat meredakan radang dan punya sifat antiracun. jadi menyajikan minuman berbahan mentimun tentu sangat membantu atasi jerawat, selain rasanya yang segar. irisan mentimun juga dapat ditempelkan pada bagian berjerawat salama 15 menit, lalu basuh dengan air. lakukan 3 – 4 kali sehari untuk mengusir jerawat.
mentimun oke juga dipadukan dengan jeruk lemon. selain rasanya makin segar, kandungan jeruk lemon juga lengkap, seperti limonen, linalin asetat, geranil astat, asam sitrat, dan vitamin C. namun manfaatnya juga langsung terasa jika air perasannya dioleskan pada jerawat. kandungan asam sifatnya akan membunuh bakteri, mengecilkan pori pori dan mengurangi lapisan minyak. jadi tak perlu takut dengan jerawat, asal anda tahu cara sehat mengatasinya.
baca juga