bau mulut kerap dianggap masalah sepele atau bahkan lumrah. padahal dengan mengabaikannya, ada beberapa hal yang bakal berakibat nigatif. pertama, bau mulut jelas menunjukkan adanya gangguan di dalam mulut. entah karena pembusukan makanan, gigi berlubang, lidah yang kotor, sehingga menimbulkan plak gigi yang akan menimbulkan karang gigi. yang kedua, tentu saja bakal mengganggu pergaulan anda hingga menimbulkan rasa kurang percaya diri.
selain memeriksakan diri ke dokter gigi, ternyata bau mulut juga bisa diatasi menggunakan bahan bahan alami yang digunakan dalam makanan. salah satunya menggunakan teh hijau untuk minuman. teh hijau mengandung zat aktif yang disebut catechins yang punya kemampuan membunuh bakteri dalam mulut serta menghilangkan gula dari plak gigi. untuk itu dianjurkan meminum 2 – 5 cangkir teh hijau setiap hari, baik yang murni atau dicampur dengan bahan lain.
apel juga disebut sebut punya kemampuan yang sama. buah apel mengandung zat pectin yang membantu menyegarkan mulut dan membuat aroma nafas kita lebih segar. apalagi buah ini masih menberikan bonus berupa vitamin dan seratnya yang baik untuk metabolisme tubuh serta pencernaan. bukankah ada pepatah kuno yang menyebutkan, sebutir apel sehari menjauhkan kita dari dokter?
sementara kayu manis sudah dikenal dengan aromanya yang harum. sebuah riset terbaru di amerika serikat menunjukkan, kayumanis dapat mengatasi masalah bau mulut. selain mengurangi aroma kurang sedap, sejumlah kandungan antioksidan di dalamnya membantu mengatasi zat radikal bebas dan bakteri yang bercokol di area mulut. menikmati minuman hangat dengan kayumanis tentu solusi yang cukup menyenangkan. apalagi saat musim hujan seperti ini. namun diantara itu semua, yang terpenting adalah rajin memelihara kesehatan mulut, rutin membersihkan gigi dan lidah, serta menggunakan benang gigi jika perlu. jangan lupa pula memeriksakan diri ke dokter gigi minimal 2 kali dalam setahun.
baca juga