nama kembang tahu ini diambil karena bahan dasar pembuatannya dari lapisan tipis yang terbentuk di permukaan susu kedelai yang dipanaskan dan kemudian dikeringkan.
lapisan lapisan yang mengapung inilah yang disebut orang kembang / bunga tahu dan di jepang dinamakan yuba.
di pasaran, kembang tahu banyak dijual dalam bentuk kering dengan berbagai bentuk, ada yang lembaran tipis, di ikat simpul, atau digulung.
nah, bagaimana cara kita mengolah bahan kering ini menjadi hidangan lezat untuk sup, kekian, ekado atau makanan lainnya? simak tips berikut :
~ sebulum digunakan, rendam dahulu kembang tahu dengan air, bisa air panas maupun air biasa. bila ingin lebih cepat saat melunakan kembang tahu, rendam saja dengan air panas.
~ bila digunakan sebagai kulit dan digulung, gunakan kembang tahu lembaran yang utuh. rendam dahulu hingga lunak baru potong potong kembang tahu sesuai kebutuhan (jangan potong kembang tahu saat kering karena teksturnya rapuh, hasilnya akan tidak rapih).
~ karena kadar air yang sangat rendah dalam kembang tahu kering, maka bahan ini dapat bertahan lama (4 – 6 bulan) jika disimpan dalam ruang pendingin atau wadah kedap udara.
~ jika anda ingin menyimpan kembang tahu dalam waktu yang cukup lama sebaiknya hindarkan dari bahan cair, karena kembang tahu kering ini mudah menyerap air dan jamur pun akan mudah tumbuh.
baca juga

About these ads