radang tenggorokan seringkali ditandai dengan rasa sakit di bagian leher pada waktu kita menelan sesuatu. radang ini terjadi pada selaput lendir lubang kerongkongan. kalau sudah parah, diikuti juga dengan pembengkakan pada amandel. si penderita bisa saja juga merasakan badan meriang dan demam.
makanan yang tepat untuk mereka adalah yang lembut supaya tidak menyakitkan waktu ditelan. misalnya, bubur. hindari makanan yang digoreng yang biasanya memperparah penderitaan si sakit. makanan yang merangsang seperti asam pedas, terlalu dingin, juga sebaiknya dihindari.
selain bubur, hidangan berkuah banyak, juga pasti menolong. masak semua bahan dalam keadaan lunak. daging sebaiknya digiling dulu sebelum diolah. atau pilih daging yang teksturnya lembut seperti daging ikan, misalnya.
perbanyak makan buah buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak terkena infeksi yang lain. tentu istirahat yang cukup membuat tubuh lebih cepat pulih lagi. suplemen vitamin C berdosis tinggi juga baik dikonsumsi.
perbanyak juga asupan air putih. jangan yang panas, jangan pula yang dingin baru keluar dari kulkas. cukup air putih biasa.
baca juga

About these ads